Ubud Bali, Wisata Pilihan (review)

Ubud Bali, tempat wisata di bali yang selama lebih dari delapan puluh tahun telah memukau para pelancong mancanegara, Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali,  mampu memberikan kenangan yang membekas lama bagi setiap orang yang datang berkunjung. Tempat wisata di Ubud Bali, adalah sebuah kecamatan yang sangat terkenal semenjak tahun 1930-an.

monkey forest ubud - bali tour

Tempat wisata di Ubud Bali, terletak di Gianyar, Kabupaten yang banyak memiliki seniman dan dapat dikatakan merupakan pusat budaya seni di Bali, khusus seni lukis, seni ukir, seni patung, seni tari dan musik tradisional Bali. Desa Ubud dari airport Denpasar, berjarak kurang lebih 40 kilometer, dan dengan mobil anda akan menempuh waktu selama satu setengah jam.

 

Ubud Bali, Wisata Spiritual yang tersohor.

Tempat wisata di Ubud Bali sangat terkenal , baik di Indonesia maupun ke mancanegara, kecamatan yang memiliki lokasi yang terletak di antara hamparan sawah dan kawasan hutan diapit oleh jurang-jurang dengan sungai, yang membuat lokasi ini, menggambarkan alam yang sangat indah. Selain karena kondisi alam, Ubud juga terkenal karena seni dan budaya Bali dan sangat berkembang dari tahun ke tahun. Sebagian masyarakat Ubud, kehidupan sehari-hari mereka tidak lepas dari unsur seni dan budaya. Juga sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai seniman. Baik seniman lukis, seniman kerajinan tangan atau pun seniman tari. Jika anda mencari galeri-galeri seni, maka anda harus datang ke Ubud, karena di sini terdapat banyak galeri-galeri tentang seni, serta pementasan seni musik dan seni tari, yang dipentaskan setiap malam bergiliran di segala penjuru.

ubud palace - puri ubud - bali tour

Ubud sendiri dipandang sebagai pusat seni dan budaya Bali. Tak heran, tiap aktivitas wisata pun berhubungan dengan budaya, kedekatan pada alam, spiritual, dan hubungan antara sesama manusia. Setiap aktivitas di Ubud pun pada akhirnya mampu memberikan kesan mendalam bagi mereka. 

Desa Ubud, daerah seni yang  disebut sebagai desa bertaraf internasional. Semua orang yang telah mengenal tempat wisata Ubud Bali pasti mengatakan, Ubud memang pantas untuk menyandang predikat desa internasional. Sebagian besar di pinggir jalan di kawasan ubud terdapat restaurant, hotel, galeri dan toko-toko yang menjual kerajinan lokal.

Selain itu di objek wisata Ubud juga terdapat hotel-hotel berbintang, untuk para wisatawan menginap. Selain hotel berbintang, di objek wisata Ubud juga banyak terdapat penginapan dengan harga yang murah. Mungkin anda sering mendengar tentang pasar seni Sukawati, di Ubud juga terdapat pasar seni dan lebih dikenal dengan nama Ubud Art Market. Pasar seni Ubud, juga menjual kerajinan lokal dengan harga murah seperti pasar Sukawati.

Anda berminat menghabiskan waktu di Ubud? Bersiaplah jatuh cinta pada aura magis Ubud. Aura yang membuat Anda tenang dan selalu membuat Anda rindu untuk kembali ke Ubud. Orang Bali menyebut aura ini sebagai “taksu”. 

Lihat paket tour ke ubud:

Tempat wisata menarik di Ubud Bali

Ubud memang mempunyai banyak tempat menarik untuk di kunjungi. berikut ini daftar objek wisata yang wajib di kunjungi selama selama di Ubud

Ubud Monkey Forest

Ubud monkey forest salah satu objek wisata di Ubud yang wajib dikunjungi, jika anda sedang berlibur di Bali. Merupakan kawasan hutan lindung dan di dalam hutan ini, terdapat pura sakral umat Hindu Bali. Nama asli objek wisata Ubud monkey forest adalah Mandala Wisata Wenara Wana, tapi lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary.

monkey forest - bali tour

Objek wisata monkey forest Ubud Bali, berada di Jalan Monkey Forest, Ubud provinsi Bali dengan kode pos 80571. Jika anda berangkat dari international airport menuju lokasi dari Ubud monkey forest, di perlukan waktu kurang lebih satu jam.

Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud
Pura Taman Saraswati Ubud

Seperti yang anda tahu, pura adalah tempat suci agama hindu di Bali, dan pura Taman Saraswati Ubud adalah salah satunya. Pura ini, sesuai dengan namanya adalah tempat pemujaan Dewi Saraswati (Dewi Pengetahuan).Pura yang terdapat di jalan raya Ubud ini sedikit berbeda dari pura-pura lain yang ada di Bali. Pura ini, memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai dan kolam teratai inilah, daya tarik utama dari pura Saraswati. Jika anda menyukai melihat seni ukir khas Ubud Bali, disinilah tempatnya untuk melihat. Hampir setiap bangunan pura, terdapat seni ukir dari para seniman Ubud

Yang menarik dari pura ini adalah  setiap hari selasa dan hari kamis di adakan pertunjukan tari kecak, mulai pertunjukan jam 19:30, dengan harga tiket Rp 75.000 per orang. Pertunjukan tarian kecak di bawakan oleh group tari Sandhi Suara.

Bagi anda yang ingin menonton tarian kecak di Ubud tidak akan susah, walupun anda tidak datang pada hari selasa atau kamis. Setiap hari diadakan pementasan tarian kecak di Ubud, hanya tempat pementasan nya yang berbeda-beda.

Museum Arma Ubud

Bagi anda yang menyukai atau ingin tahu tentang kesenian Bali, museum seni Agung Rai atau yang lebih dikenal dengan nama Arma Museum Ubud, salah satu tempat wisata di Ubud yang harus anda kunjungi

Museum Arma Ubud
Museum Arma Ubud

Museum seni Agung Rai di bangun di lokasi yang kontur tanah naik turun, serta memiliki nuansa alam Ubud. Yang menjadi daya tarik terbaik dari museum Arma adalah design kebun bernuansa budaya Bali. Banyak patung yang terdapat di museum ini, selain itu anda dapat melihat Lily Pound dan tanaman angrek yang tertata rapi. Kami tahu betul, tidak semua orang menyukai melihat lukisan atau melihat pameran seni. Bagi anda yang menyukai nuansa kebun dengan design khas Bali dengan nuasa berbeda, maka tidak ada ruginya mengunjungi museum Agung Rai Ubud. Jika anda memutuskan untuk mengunjungi musem Arma, jangan lupa untuk membawa kamera. Begitu banyak hal yang dapat anda abadikan dengan foto di tempat wisata ini

Tiket masuk akan dikenakan sebesar Rp 50.000 jika anda mengunjungi museum Arma Ubud. Biaya tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah, sudah termasuk minuman teh dan kopi yang anda dapat nikmati di salah satu cafe di museum ini. Jam buka dari museum Arma Ubud, dari jam 09:00 – jam 18:00 setiap hari, tentunya dengan waktu Bali.

 

Sawah Terasering Ubud

Anda mungkin bertanya di Ubud sebelah mana kita bisa melihat pemandangan sawah terasering? Lokasinya bernama desa Tegalalang. Terletak di sebelah utara Ubud. Tegalalang Ubud sangat terkenal di kalangan para wisatawan dan menjadi objek favorit wisatawan. Karena letaknya sangat berdekatan dengan objek wisata di Bali yang lainnya, seperti Goa Gajah, Tampak Siring dan Kintamani.

rice terrace- bali tour - terasering ubud
Bali Rice terraces

Di pinggir jalan di desa Tegalalang Ubud, anda akan melihat warung, restoran yang menawarkan pemandangan sawah terasering Ubud. Pemandangan sawah terasering Ubud tidak seluas seperti yang di Jatiluwih. Tapi menawarkan pemandangan tersering yang unik, karena lereng nya sangat miring. Untuk dapat menikmati pemandangan sawah terasering dengan nyaman. Anda hanya perlu membeli makanan atau minuman di salah satu warung yang menghadap ke pemandangan terasering Ubud.

Gunung Kawi Ubud Bali

Bangunan di Gunung Kawi Bali, merupakan bangunan candi yang di bangun pada abad ke 11. Lokasinya berada di di dekat sungai Pakerisan, di wilayah Tampak Siring yang berada di timur laut tempat wisata Ubud.

Gunung Kawi Ubud Bali
Gunung Kawi Ubud Bali

Di Gunung Kawi, terdapat candi yang dipahat di tebing batu di ketinggian 7 meter dengan jumlah 10 candi. Dulunya fungsi dari candi ini adalah tempat untuk pemujaan raja Udayana. Penafsiran akan fungsi candi ini, berdasarkan sebuah prasasti yang di temukan di tempat wisata ini. Terdapat tiga kelompok candi di tempat wisata Gunung Kawi, yaitu kelompok candi Lima. Disebut candi lima, karena terdapat lima candi ter pahat di tebing bagian timur dan kelima candi menghadap ke barat. Candi Lima di dedikasi kan untuk raja Udayana dan Anak Wungsu beserta keluarganya. Kelompok yang kedua bernama candi empat, letaknya di bagian barat dari tempat wisata Gunung Kawi. Candi empat di dedikasi kan untuk selir dari Anak Wungsu. Sedangkan di bagian barat daya terdapat 1 candi atau candi yang kesepuluh. Candi yang ke sepuluh ini di dedikasi kan untuk perdana menteri yang menjabat pada pemerintahan Anak Wungsu.

 

Museum Neka Ubud Bali

Museum Neka Ubud Bali, lokasinya berada di Jalan Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud. Museum Neka Ubud Bali, dibuka pada tahun 1982. Nama Museum berasal dari nama seorang guru, yang memiliki kegemaran dalam mengkoleksi lukisan, nama guru tersebut adalah Suteja Neka.

 

Museum Neka Ubud Bali
Museum Neka Ubud Bali

Bangunan museum Neka Ubud Bali, memiliki arsitektur khas Bali dengan standar museum Internasional. Selain bangunan museum Neka sangat terawat, cara menampilkan hasil seni lukis di museum Neka sangat terorganisir. Ini memudahkan pengunjung, untuk mengerti dan menikmati seni lukis. Setiap tahun, lukisan di museum Neka bertambah banyak dan saat ini ada lebih dari 300 lukisan, dari seniman mancanegara atau pun pelukis Indonesia

 

Museum Puri Lukisan Ubud

Museum Puri Lukisan Ubud, merupakan museum tertua yang ada di Bali, museum ini lebih mengkhususkan akan karya seni lukis Bali tradisional dan modern, serta seni ukir dan mengkhususkan ke ukiran kayu.

Museum Puri Lukisan Ubud
Museum Puri Lukisan Ubud

Jika anda menyukai seni lukis tradisional Bali dan menyukai seni ukiran kayu, maka museum Puri Lukisan salah satu yang dapat kami rekomendasi kan untuk di kunjungi saat wisata di Bali. museum ini berada di jalan Raya Ubud. Sangat dekat dengan lokasinya dari puri Ubud dan pasar seni Ubud, jaraknya sekitar 300 meter ke barat.

berada di jalan Raya Ubud. Sangat dekat dengan lokasinya dari puri Ubud dan pasar seni Ubud, jaraknya sekitar 300 meter ke barat.

Museum Blanco Ubud

Pemilik museum Blanco di Ubud adalah seorang pria kelahiran Manila, Filipina 15 September 1912, membangun sebuah rumah sekaligus museum di atas tanah pemberian Raja Ubud dari Puri Saren, Tjokorde Gde Agung Sukawati.

Museum blanco
Museum blanco

Meseum yang terletak di areal perbukitan sungai Campuhan Ubud, setiap hari museum ini tidak pernah sepi pengunjung. Sekitar 100 orang sampai 150 orang wisatawan lokal maupun mancanegara, tertarik melihat hasil karya sang maestro. Menurut wisatawan dari Spayol, Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Australia yang datang ke Museum Blanco Ubud, karya lukis Antonio Blanco memiliki nilai seni yang tinggi terhadap kehidupan orang Bali.

Museum Blanco Ubud terletak di desa Campuan, Ubud Bali – Indonesia P.O. Box 80571. Untuk mendapatkan peta lokasi dari Museum Blanco Ubud.Berbagai fasilitas juga disediakan oleh pengelola museum bagi wisatawan yang datang. Seperti restoran, art shop, toilet dan ruang santai. Cukup dengan membayar tiket Rp 30.000 (untuk pengunjung warganegara Indonesia) anda bebas berkeliling di areal museum. Sedangkan untuk wisatawan asing, akan dikenakan biaya tiket masuk museum Blanco Ubud sebesar Rp 50.000 per orang. Jam buka museum adalah setiap hari, termasuk hari libur dan hari minggu, dari jam 09:00 – 17:00

 

Lempad House

Pemilik dari Lempad House Ubud adalah seorang arsitek, seniman pahat dan seniman lukis yang di perkirakan umurnya 116 tahun. Seniman ini bernama I Gusti Nyoman Lempad. Kepastian kapan I Gusti Nyoman Lempad lahir, tidak ada yang tahu, tapi diperkirakan sekitar tahun 1862 dan beliau meninggal dunia pada tahun 1978.

Lempad House
Lempad House

I Gusti Nyoman Lempad meninggal dengan cara yang tidak biasa, karena mampu memilih waktu kematiannya secara sadar. Mungkin ini terdengar seperti di buat-buat tetapi hal ini adalah kisah nyata yang di liput oleh media Internasional. Satu bulan sebelum hari kematiannya, I Gusti Nyoman Lempad memanggil seluruh keluarganya dan meminta untuk memandikan dan mendandani, selain itu mengatakan kepada sanak keluarganya akan warisan mereka. Hari kematian yang dipilih oleh I Gusti Nyoman Lempad adalah hari suci bagi umat Hindu Bali. 

I Gusti Nyoman Lempad, salah satu seniman terbaik yang Bali pernah miliki, ahli dalam seni lukis dan seni pahatan batu khususnya bangunan pura yang banyak terdapat di Ubud. I Gusti Nyoman Lempad buta huruf, tetapi memiliki ide-ide cemerlang dalam menghasilkan karya-karyanya. Banyak hasil karya lukis nya diberikan kepada orang secara percuma. 

Lokasi Lempad house berada di  Jalan dewi Sita Ubud. Untuk peta lokasi Lempad House Ubud, silakan klik link. Beberapa hasil karya lukisan I Gusti Nyoman Lempad, dapat anda lihat dimuseum Neka Ubud dan museum puri Lukisan Ubud. Untuk melihat beberapa koleksi lukisan dari I Gusti Nyoman Lempad di rumahnya dapat anda lihat disini, koleksi lukisan Lempad House.

Air Terjun Tegenungan

Objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh, karena berada di desa Kemunuh kabupaten Gianyar. Alamat atau Lokasi dari air terjun Kemenuh, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju air terjun Tegenungan Gianyar

tegenungan waterfall - bali tourAir terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 4 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Air di lokasi air terjun Kemenuh sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi. Di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air.

 

Puri Ubud Bali

ubud palace - puri ubud - bali tour

 

 

 

 

 

 

Puri Ubud Bali, dari nama tempatnya anda pasti sudah dapat membayangkan lokasi dari puri Ubud. Merupakan tempat wisata di Bali yang banyak diminati wisatawan asing dan domestik. Puri Ubud menjadi salah satu rute tour di Bali, oleh sebagian besar penyedia paket wisata ke Bali.

 

Yeh Pulu

Salah satu tempat wisata budaya di Bali yang unik dan jarang wisatawan tahu adalah pura Yeh Pulu Ubud Bali. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pura Yeh Pulu Ubud adalah wisatawan asing. Wisatawan domestik sangat jarang mengunjungi objek wisata di Bali ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya promosi akan tempat wisata sejarah ini, untuk wisatawan domestik. Di halaman situs ini, saya akan menuliskan kepada pembaca tentang pura Yeh Pulu Bali, betapa uniknya dan bersejarahnya lokasi wisata Yeh Pulu Ubud, sehingga layak untuk dijadikan salah satu objek wisata di Bali yang harus dikunjungi.

yeh pulu
yeh pulu

Yang unik dari lokasi Pura ini, karena terletak di lokasi persawahan. Lokasi persawahaan sangat luas dan tersebar di segala penjuru desa Bedulu. Jadi saat wisata, anda tidak hanya melihat relief sejarah pura, selain itu anda juga akan melihat pemandangan persawahaan yang  tertata rapi.

 

Pura Gunung Lebah

pura Gunung Lebah berada di bawah jembatan dari sungai Campuhan Ubud. Melihat dari lokasinya yang berada di bawah Jembatan sungai Campuhan Ubud, termasuk lokasi pura yang berbeda dari biasanya. Tahukah anda, pura ini termasuk dalam kategori pura Kahyangan Jagat? Artinya semua umat Hindu dapat bersembahyang di pura Gunung Lebah.

 

Tips Tour ke Ubud

Setelah membaca ulasan di atas saya yakin anda pasti ingin menghabiskan waktu liburan anda untuk menikmati wisata ubud. untuk anda yang belum pernah ke  Ubud kami bisa membantu anda dengan program sewa mobil murah di bali, dimana anda cukup membayar harga mobil dan team kami akan dengan senang mengantarkan anda untuk lebih mengenal Bali , khususnya desa Ubud.

Comments

comments